Posted by : aby Selasa, 03 April 2012

10 Karakter Pebisnis Muslim

Sudah selayaknya seorang pebisnis agar berhasil pasti punya karakter khas yang membuat dia berhasil. Tentunya karakter tersebut adalah karakter positif dan bernilai tambah bagi dirinya dan lingkungan sekitar. Berikut ini 10 karakter pebisnis muslim yang bias langsung kita praktekkan :
1. Dream
Seorang pebisnis muslim dalam memulai bisnisnya harus diawali dengan DREAM/punya impian. Karena dengan DREAM tersebutlah seorang pebisnis tahu target besar bisnisnya seperti apa.
2. Visioner
Seorang pebisnis harus mempunyai visi yang besar dan tajam sehingga dia tahu mau dibawa ke mana arah bisnis yang dia geluti sehingga tidak akan mudah karam di tengah jalan.
3. Strong leadership
Seorang pebisnis muslim sudah selayaknya memiliki jiwa leadership yang kuat. Atau istilah kerennya memiliki strong leadership. Dia harus mampu membuat keputusan sangat penting dalam waktu hingga hanya hitungan detik. Seorang pebisnis muslim pun harus punya prinsip yang kuat dari setiap keputusan yang dia ambil.
4. Action
ACTION..satu kata yang sederhana dituliskan,tapi sangat sulit dilakukan bagi orang yang tidak punya komitmen terhadap bisnisnya. Lain halnya seorang pebisnis muslim, dia adalah orang yang ACTION ORIENTED! Selalu berorientasi, ACTION apa yang bisa dilakukan untuk mewujudkan GOAL-NYA? Selalu mencari cara dari setiap tantangan yang ada.
5. Always giving
Karakter yang sangat positif dari pebisnis muslim adalah dia selalu memberi manfaat, solusi dan ide kepada timnya ataupun kepada orang sekitarnya. Karakter inilah yang selalu membuat dia dirindu oleh teman-temannya.
6. Risk taker
Senang mengambil risiko atau seorang yang RISK TAKER. Inilah salah satu karakter seorang pebisnis muslim, senang mengambil risiko, karena dalam setiap risiko ada hasil yang besar yang akan dia dapatkan
7. Add value
ADD VALUE atau nilai tambah. Pebisnis muslim selalu berusaha memberikan nilai tambah terhadap dirinya agar bisa bermanfaat bagi rekannya, kliennya dan orang-orang yang terlibat bersamanya. Jika ada orang sepanjang hidupnya tidak punya dan tidak mau memberikan nilai tambah, ya adanya dia seperti tidak adanya alias ke laut aje dah. Hehe :)
8. Leverage
LEVERAGE atau daya ungkit atau daya dongkrak. Untuk terus meningkatkan keahlian ataupun expertisenya, seorang pebisnis muslim pastinya melakukan leverage. Leverage ini bisa dia lakukan dengan menulis buku, aktif di dunia on line dan bergabung dengan komunitas yang mendukung skillnya agar semakin terasah dengan baik.
9. Syar'i
Landasan seorang pebisnis muslim tentunya adalah Islam sebagai jalan hidupnya. Dia pasti dalam setiap tindakannya menjadikan Islam sebagai poros hidupnya. Pebisnis muslim pun selain mengamalkan dia akan menyebarkan nilai-nilai syariat ini kepada orang-orang yang berada di sekitarnya.
10. Pray
Setiap aktivitas se-POWERFULL apapun jika tidak diiringi dengan doa tentu tidak akan berarti apa-apa. Maka dari itu seorang pebisnis muslim dalam setiap aktivitas yang dia jalankan selalu diiringi dengan doa. Karena dalam sebuah hadits disebutkan bahwa doa itu adalah otaknya ibadah.
Nah, praktis kan diterapkan dalam kehidupan kita? Semoga kita selalu konsisten dan komitmen terhadap karakter-karakter positif yang mendukung kesuksesan kita di dunia dan akhirat. Aamiin

Welcome to My Blog

Popular Post

Blogger templates

Total Tayangan Laman

Blogger templates

- Copyright © aby blog -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -